Menulis 1000 Kata per Hari : Habit Wajib Penulis Sukses

Habit menulis 1000 kata per hari. Tulisan ini sebenarnya sudah pernah saya bahas di blog saya yang lama.

Namun, sepertinya saya harus menulis ulang di sini, karena saya ingin mengingatkan diri saya sendiri untuk menjalani kebiasaan baik yang satu ini mulai hari ini dan seterusnya.

Menulis 1000 kata per hari sepertinya berat untuk dilakukan. Namun, bagi kita yang suka chatting whatsapp, komen-komen di media sosial, dan lainnya, sebenarnya kita pasti sudah mengetik 1000 kata per hari.

Photo by David Iskander on Unsplash

Bedanya, kalau di aplikasi chat atau medsos, kita cenderung membicarakan banyak hal dan tidak fokus pada satu topik saja. Sedangkan kalau habit menulis 1000 kata per hari, kita diharapkan bisa menulis satu topik yang utuh untuk dijadikan sebuah artikel atau bagian dari naskah buku.

Melatih dan memaksa diri menulis ribuan kata per hari bermanfaat untuk karir menulis kita di masa mendatang.

Bagi kamu yang ingin menjadi fulltime blogger, kamu bisa konsisten menghasilkan artikel berkualitas dengan kuantitas yang cukup untuk stok tulisan. Sehingga, jika kamu sedang sibuk, maka kamu sudah punya draft tulisan yang siap dipublikasikan, tinggal edit, poles, kasih gambar dan voila!

Kamu akan punya minimal sebuah artikel untuk diposting setiap hari. Istilahnya, kamu punya tabungan draft yang siap ditayangkan, tanpa perlu capek dan repot berkejaran dengan deadline.

Jika bisa menulis dengan konsisten, maka peluang-peluang akan semakin terbuka lebar. Kamu bisa menjadi penulis yang andal (apapun bidang yang kamu pilih), dan kualitas tulisan kamu akan meningkat seiring jam terbang.

Saya sendiri, cukup konsisten menulis dengan banyak kata, meskipun hanya sekedar curhatan di notepad laptop. Akhir-akhir ini saya mix dengan gratitude journal, yang saya tuliskan di sebuah aplikasi di smartphone saya.

Tujuan saya sangat simpel. Otot menulis saya bisa terasah dan terbiasa menulis panjang untuk mencapai goals besar saya.

Saya merasa habit menulis 1000 kata per hari ini telah membawa saya ke banyak titik yang tidak pernah saya bayangkan sebelumnya.

Jadi saya ingin mempertahankannya dan membagikan tips kepada kalian yang ingin mengikuti jejak saya. Yuk!

Pilih Media Tulisan Favorit

Kamu suka menulis di buku atau mengetik di laptop/handphone?

Kalau saya sih suka keduanya, namun sekarang lebih banyak mengetik di laptop maupun smartphone. Karena menulis tangan itu bagi saya cukup melelahkan.

Selain itu, tulisan tangan saya sangat buruk, saya malah kesal sendiri kalau habis nulis, tulisan saya gak bisa dibaca saking ruwetnya! Haha.

Saya suka menulis di laptop. Berganti-ganti antara notepad, Ms. Word, Google Docs, Google Keep, dan langsung ngedraft di post wordpress seperti sekarang ini kalau kebetulan sedang online.

Sebetulnya, menulis di aplikasi offline lebih nyaman, karena tidak ada distraksi.

Cuman susahnya, kalau kita mau kembali menyunting atau menambahkan ide kita di draft yang kita miliki harus terpaku membuka gadget di mana draft kita berada.

Ini cukup merepotkan bagi saya.

Hanya saja, terkadang kita memang butuh offline, karena tulisan kita bersifat pribadi mungkin, atau kita sedang menulis draft buku yang memang masih kita rahasiakan.

Sehingga, kalau dituliskan di berkas yang ada di penyimpanan awan, malah akan membuat kita was-was.

Kalau ingin praktis, memang lebih gampang nulis secara online, sehingga kita bisa buka di gadget apapun yang sinkron dengan tulisan kita. Misal di Google Docs atau Keep.

Jadi, sewaktu-waktu pengen ngedit kita tidak repot harus buka laptop, cukup buka aplikasinya di smartphone saja.

Kapan kita Menulis 1000 Kata per Hari?

Bisa kapan saja, sesuai dengan kebiasaan kita.

Ada yang menyarankan kalau pagi, sebelum subuh kita nulis pikiran masih fresh. Luangkan waktu 1 jam untuk menuangkan isi pikiran kita dalam 1000 kata. Atau ba’da subuh.

Kalau saya sih kurang cocok, karena saya bangunnya jam 5 pagi, dan setelah sholat subuh sudah berkutat dengan pekerjaan di dapur.

Saya lebih suka menulis tengah hari, atau malam hari.

Pengalaman saya, jika kita duduk menulis nonstop selama 1 jam, kita bisa melampaui 1000 kata. Jadi, usahakan meluangkan sejam dari 24 jam kita untuk memulai kebiasaan menulis ini.

Photo by Amol Tyagi on Unsplash

Jika memang tidak bisa dalam sekali duduk, maka bisa dicicil dua sampai lima kali, 200-500 kata sekali nulis.

Kayaknya ini lebih ringan, namun usahakan konsisten dengan satu topik tulisan ya. Maksimal dua, lah, kalau memang kita ingin membuat artikelnya pendek.

Jika itu draft buku, lumayan bisa menambah bab novel ataupun tulisan non fiksi kita.

Oh ya, jika kamu sedang mengerjakan tulisan lain, misalnya copywriting atau konten covertselling untuk jualan, nulis status panjang dan sebagainya juga boleh banget kok. Bisanya per post tulisannya sekitar 100-300 kata saja.

Tidak masalah, kamu bisa membuat beberapa status atau konten tersebut yang jika ditotal, jumlahnya mencapai 1000 kata per harinya.

Jangan membatasi diri ya, pasti ada jalan untuk bisa membangun kebiasaan menulis 1000 kata per hari ini secara konsisten apapun bentuk tulisannya.

Tidak Harus Langsung 1000 Kata, Mulai dari Hal Kecil

Seperti yang saya sebutkan di atas, kamu bisa mencicil tulisan dari beberapa kata atau beberapa paragraf.

Awalnya mungkin tidak langsung seribu kata per hari. Kamu mungkin hanya sanggup 300 kata per hari selama seminggu. Maka, minggu depannya kamu bisa menambah jadi 500 kata per hari.

Minggu berikutnya tambah lagi jadi 800 kata dan akhirnya kamu bisa mencapai target latihan 1000 kata per hari secara konsisten.

Saya sangat menghargai proses seseorang untuk belajar menulis. Mereka yang gigih melatih diri mereka untuk menjadi seorang penulis, pasti memiliki kesabaran ekstra untuk menghasilkan karya yang berkualitas suatu saat nanti.

Buah dari kesabaran penulis adalah ide mereka akan tersampaikan kepada khalayak ramai dan mempengaruhi orang yang membacanya. Saya sangat salut kepada penulis semacam ini. Mereka tidak takut dicibir walau tulisan awal mereka masih berantakan.

Saya yakin, dari hal yang kecil akan menjadi karya yang besar suatu saat nanti. Jangan remehkan usahamu, sekecil apapun itu ya, teman…

Ajak Teman, Biar Semangat Menulis Seribu Kata Perhari

Kalau saya sih selalu nyari temen buat nulis. Selama ini yang mau konsisten nulis belum ada. Haha.

Tapi, nyari temen di sini bisa diartikan dengan kamu rajin mengikuti grup penulisan, misal one day one post, atau sejenis itu lah.

Photo by Alexis Brown on Unsplash

Memiliki vibes yang sevisi dengan kita akan menjadikan kita lebih semangat dan tidak gampang menyerah dalam membangun sebuah kebiasaan baik. Saya sudah membuktikannya untuk grup bertema sedekah harian (Komunitas Sedekah Subuh) dan sedekah mingguan (Jumat Berkah Ponorogo).

Next project, saya punya rencana mau bikin grup one day one thousand words (1Day1000Words), semoga bisa terlaksana ya… Kalau sudah terbentuk nanti saya update di postingan ini. Insya Allah.

Rayakan Pencapaianmu!

Setiap kita mencapai suatu keberhasilan kecil dalam hidup, usahakan untuk merayakannya sebagai bentuk syukur kita.

Misalnya hari ini kita berhasil memulai kebiasaan menulis 1000 kata per hari, maka hadiahi dirimu dengan makan eskrim kesukaan atau membeli stationary impian. Apresiasi pencapaianmu sendiri, walaupun orang lain menganggap itu biasa saja dan tidak perlu diapresiasi.

Dengan menghargai pencapaian kecil, kita jadi lebih semangat untuk meneruskan kebiasaan menulis kita. Tapi, gak perlu setiap hari juga ya… Bisa jadi, kamu bikin challenge. Seminggu kedepan jika tidak bolong 1000 kata per hari, kamu mentraktir dirimu sendiri ngopi kekinian di cafe. Sebulan gak bolong, kamu boleh membeli baju yang sudah lama kamu incar.

Kreatiflah bikin perayaan untuk pengembangan dirimu sendiri. Ciptakan kebahagiaanmu sendiri ya! Kalau kita bahagia dengan kegiatan menulis, pastinya kita akan lebih semangat lagi menghasilkan karya yang bagus.

Ceritakan Pengalamanmu Membangun Habit Menulis 1000 Kata per Hari

Kamu bisa mencontoh apa yang saya lakukan.

Selama ini, saya enjoy menulis 1000 kata per hari, dan saya senang membagikan pengalaman saya ini. Semakin banyak orang yang tahu tentang kegiatan yang mengasyikkan ini, maka saya juga semakin bahagia.

Dengan membagikan pengalamanmu setelah sekian waktu menekuni habit menulis 1000 kata per hari, orang akan tahu manfaat kebiasaan baik ini dan akan mulai mengikutinya. Jika mereka juga bisa konsisten, maka kita akan memiliki banyak orang yang mahir menulis.

Bukankah itu menyenangkan…?

Nah, itulah tips yang bisa saya bagikan kepada kamu yang ingin menjadi penulis profesional.

Mulailah dengan kebiasaan baik dalam menulis setiap hari dan konsistenlah. Niscaya, tidak perlu waktu lama untuk menjadikan kamu penulis buku, artikel, copywriter, maupun blogger profesional.

Semangat mencoba ya!

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *