Sinking Funds : Cara Menabung Asyik untuk Pemula

Sinking funds? Apaan tuh?

Mungkin kamu masih asing dengan istilah yang satu ini. Tapi buat kamu yang memiliki ketertarikan untuk belajar tentang keuangan, maka kamu berada di halaman yang tepat!

Kali ini, saya akan membagikan tentang bagaimana cara membuat sinking funds untuk pemula.

cara menabung sinking funds
Photo by Nick Fewings on Unsplash

Apa Itu Sinking Funds?

Sinking funds adalah sejumlah dana atau uang yang kamu sisihkan secara rutin setiap bulannya untuk tujuan tertentu. Loh, kok sama dengan menabung ya?

Iya, hampir sama dengan tabungan tapi sedikit berbeda. Karena kamu memisahkan uang tersebut untuk tujuan tertentu yang jelas. Misalnya untuk membeli handphone, laptop, liburan, hari raya, biaya pendidikan, dan lainnya.

Kamu sudah tahu, tabungan sinking fund ini untuk apa, dan jumlahnya juga sudah ditentukan dari awal.

Kalau menabung secara biasa, kamu belum tahu nih, tabungannya mau digunakan untuk apa.

Kamu hanya menyisihkan uangmu di rekening terpisah atau celengan dengan nominal tertentu, dan secara umum tabungan boleh digunakan untuk keperluan apa saja di masa mendatang saat kamu membutuhkannya.

Sinking funds dibuat lebih spesifik lagi, karena kamu sudah tahu goal-nya, baik tujuan dari mengumpulkan uang, target nominalnya, jumlah uang yang harus kamu sisihkan per bulan, dan peroide pengumpulannya. Asyik, kan?

Jadi, sinking fund ini semacam challenge buat kamu yang ingin mencapai impian untuk membeli barang tertentu atau untuk memenuhi kebutuhan yang sudah jelas kapan dipakainya.

Kamu bisa lebih disiplin menabung, dan impianmu bukan hanya sekedar impian karena kamu bisa mewujudkannya dengan uang yang sudah kamu kumpulkan.

Keuntungan Membuat Sinking Funds

keuntungan membuat sinking funds
Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels

Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu raih jika membuat jenis tabungan yang satu ini, diantaranya adalah:

  • Lebih Disiplin Menabung. Sinking funds memaksa kamu untuk lebih disiplin menabung dengan jumlah dan jangka waktu tertentu. Ini tidak bisa kamu dapatkan saat kamu tidak membuat target yang jelas, uang yang sedang kamu kumpulkan ini untuk tujuan apa, berapa jumlahnya, dan kapan deadline harus terkumpul.
  • Lebih Terukur. Jika kamu menabung hanya dengan uang sisa atau menabung presentase tertentu yang dikumpulkan dalam satu rekening, kamu tidak akan bisa mengukur pencapaian kamu dalam mengumpulkan uang untuk tujuan tertentu. Padahal, menabung adalah untuk mencapai tujuan tertentu entah itu membeli barang maupun pengalaman.
  • Bisa Menyesuaikan Waktu. Nah, jika kamu menggunakan batas waktu tertentu, kamu akan lebih mudah mencapai tujuan menabung. Apabila jumlahnya cukup banyak, kamu bisa tentukan waktu yang lebih panjang, begitu pula sebaliknya. Jika jumlahnya lebih sedikit, maka kamu bisa mengalokasikan waktu yang lebih pendek.
  • Tidak Perlu Memotong Dana Darurat. Ingat, dana darurat bukanlah dana yang bisa dipakai untuk membeli sesuatu yang bisa ditunda. Jangan karena alasan daurat nih, mumpung ada diskon besar-besaran jadi harus beli! Bukan seperti itu ya! Kalau mindset-nya menganggap darurat bisa dipakai karena itu satu-satunya uang yang tersisa, ya tidak sesuai dengan tujuannya. Dana darurat hanya boleh dipakai untuk hal yang sangat mendesak saja. Maka dari itu, jika ada kebutuhan yang bisa ditunda, maka sebaiknya kamu mulai saja membuat sinking fund.
  • Lebih Semangat Mencari Tambahan. Sumber dana sinking fund bisa berasal dari pendapatan bulanan. Namun, jika sinking fund kita banyak jenisnya, maka kita harus menambahnya dengan dana diluar pendapatan utama atau penghasilan sampingan. Dengan membuat sinking fund, kita jadi semangat dong untuk bekerja lebih, supaya dana sinking fund kita bisa dipenuhi dengan lancar.
  • Kepuasan Saat Target Tercapai. Hal yang membahagiakan dari sinking fund adalah saat kita berhasil mencapai target. Umpamanya kita menyisihkan dana untuk membeli kambing kurban, dengan waktu setahun. Maka, saat setahun berlalu dan uang kita betul-betul terkumpul, maka kita akan merasakan kepuasan bisa melakukan kurban dengan uang yang kita kumpulkan itu. Kedepannya, kita jadi lebih semangat untuk mengulanginya lagi, karena sudah memiliki pengalaman yang positif.
  • Tidak Tergoda Menggunakan Uang Secara Boros. Sinking fund, membuat kita berfikir lebih realistis. Kita yang suka jajan ini itu secara berlebihan, akan mulai berpikir bahwa dengan uang jajan puluhan ribu yang kita habiskan setiap hari, jika dikumpulkan bisa membeli barang yang kita butuhkan secara cash dalam kurun waktu beberapa bulan saja. Jadi, kita bisa lebih hemat dan tidak melakukan pemborosan lagi.
  • Lebih Menyenangkan untuk Dilakukan. Sinking funds akan lebih menyenangkan jika kita bersungguh-sungguh untuk melaksanakannya dengan hati yang ikhlas. Gunakan catatan yang menarik untuk menuliskan sinking fund kita, bisa menggunakan notes yang dihias atau bullet journal. Silakan cari tutorialnya di Youtube, supaya kamu terinspirasi mengumpulkan uang, mengetahui perkembangannya dengan mencatatnya di buku yang dihias secara menarik.

Nah, bagaimana, sudah siap untuk memulai sinking fund? Lanjut!

Let’s Go!

Kamu bisa membuat planning di buku atau notes handphone untuk memudahkanmu mencatat progress sinking funds kamu ya.

Pilihlah cara yang menurut kamu paling simpel. Namun, saya sarankan untuk menulis planning ini di buku atau bullet journal supaya kamu lebih termotivasi untuk mencatat lebih rapi dan teratur setiap bulannya.

Misalnya kamu sudah menentukan untuk membuat sinking fund untuk membeli handphone seharga 5 juta rupiah. Kamu ingin membelinya dalam waktu 1 tahun dari sekarang. Maka, kamu perlu menyisihkan uang sebesar 417.000 per bulan untuk membelinya handphone impian kamu.

tips sinking funds oleh indriani taslim
Foto oleh Gustavo Fring dari Pexels

Setelah tahu target, waktu, dan jumlah yang harus kamu masukkan ke sinking fund tiap bulannya, maka kamu bisa memulai untuk menabung saat kamu gajian.

Jika kamu freelancer yang tidak tentu dapat uangnya, kamu bisa mentarget setiap kali dapat fee proyek yang kamu kerjakan, kamu ingin menyisihkan berapa.

Mungkin jumlahnya bisa berbeda tiap proyek (karena kamu bisa jadi dapat banyak, lain waktu dapat sedikit). Yang penting, kamu konsisten untuk memasukkan uang ke tabungan sinking fund handphone kamu.

Selanjutnya kamu tinggal bismillah aja untuk konsisten mencapai target yang kamu inginkan. Untuk metode menabungnya, kamu bisa menyisihkan dalam bentuk uang tunai dengan membuat amplop atau dompet khusus.

Kamu juga bisa menaruh uangnya di rekening khusus (sebaiknya yang tanpa ATM), daftar dompet digital khusus tabungan sinking fund (yang tidak dipakai untuk transaksi lain) dan bisa juga dengan menabung di reksadana.

Khusus untuk cara menabung sinking funds di reksadana, akan kami bahas di lain artikel ya!

Nah, itulah cara membuat sinking funds untuk pemula. Kamu bisa membuat lebih dari satu sinking funds dalam satu waktu, tapi sesuaikan ya dengan kondisi finansial kamu.

Ingat, sinking fund ini hanya boleh kamu gunakan hanya untuk tujuan yang sudah kamu tulis dan hanya dicairkan saat batas waktu yang sudah ditentukan (target tercapai).

Jangan tergoda untuk mengambil sinking fund dengan alasan, nanti “Aku kembalikan deh,” karena jika hal ini kamu lakukan maka akan membuat usahamu jadi sia-sia.

Perlu dicatat juga, sinking funds ini berbeda dengan dana darurat, jadi kamu juga tidak boleh menggunakannya dengan alasan ini darurat. Sudah siap memulai sinking funds kamu hari ini?

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *